Tips Membuat Perahu Sampan Menurut Yohanes Chandra Ekajaya

Tips Membuat Perahu Sampan Menurut Yohanes Chandra Ekajaya

Semua orang tentu mengerti jenis perahu satu ini, bukan? Sebuah perahu khas negeri tirai bambu ini memiliki ukuran yang kecil dan biasanya digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan. Perahu yang dijadikan sebagai transportasi sungai dan danau ini juga biasanya tidak menggunakan layar. Nah, kali ini YohanesChandra Ekajaya akan mengajak Anda cara untuk membuat perahu satu ini.

Sebelumnya siapkan bahan-bahan berikut:
Drum berisi air 250 liter
Papan kayu
Baut, sekrup, dan paku
lem efoxsi

YohanesChandra Ekajaya memulai tips membuat perahu satu ini. Untuk pertama-tama belah drum berisi air menjadi dua bagian. Setelah keduanya telah berhasil terpotong, siapkan papan kayu yang telah dipersiapkan. Oya, untuk kayunya Anda disarankan untuk memilih yang lurus dan lebar. Selanjutnya tata drum yang telah terpotong tadi di atas batang kayu. Kemudian, drum yang memiliki bagian paling depan belah melebar, hingga membentuk sebuah bentuk yang agak mengerucut, dimana dijadikan sebagai bagian depan. Untuk menyambung drum satu dengan drum lainnya, Anda dapat mengaitkannya dengan sekrup. Untuk membentuk bagian perahhu sampan tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya memberikan petunjuk agar memasang balok kayu di bagian bawah balok kayu yang kemudian dipotong menyerong hingga tercipta efek lengkung. Kemudian untuk menyatukan kayu dengan drum adalah dengan dibaut  atau dipak. Kemudian, jika pada bagian bawah telah terpasang, Anda dapat langsung melanjutkannya dengan memasang balok kayu di atasnya.

Menurut pengalaman, Yohanes Chandra Ekajaya mengaku bahwa perahu sampan yang terbuat dari drum plastik dapat dikatakan lebih awet daripada yang badannya terbuat dari kayu. Memang banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat perahu sampan. Mulai dari perahu berbahan kayu, plastik, hingga fiberglass. Dalam membuat perahu sampan kunci dan fungsi dari perahu sampan adalah keamanan, stabil, dan sederhana. Yohanes Eka Chandra merupakan seorang pengrajin kayu yang kerap mendapatkan order perahu sampan dari beberapa pengusaha maupun pelayan di seluruh Indonesia. Nah, tentu Anda tertarik bukan. Selamat membuat perahu sampan!



Previous
Next Post »