Strategi Pengusaha Chandra Ekajaya Hadapi Persaingan Informasi Kuliner


Penyedia informasi tempat kuliner saat ini mulai menjamur di Indonesia. Kebanyakan dari mereka berasar dari luar negeri. Sayangnya, kini banyak sekali penyedia tempat kuliner yang tidak mencantumkan keterangan dan detil informasi yang dibutuhkan oleh para konsumen di Indonesia. Biasanya penyedia referensi ini hanya memberikan informasi terkait rumah makan, padahal di Indonesia banyak tempat makan kaki lima yang rasanya lezat. Disamping itu pula, mereka juta tak memberikan spesifikasi tempat makan halal  pada website atau aplikasi mereka, jelas pengusaha Chandra Ekajaya sang CEO Eat Story.

Chandra Ekajaya


Oleh sebab itu, pengusaha Chandra Ekajaya tercetus ide untuk membuat penyedia informasi terkait tempat-tempat kuliner yang disesuaikan dengan karakteristik konsumen di tanah air. Situs dan aplikasi Eat Story, kini telah memiliki tempat makan terdaftar sebanyak 50 ribu tempat di wilayaha Jabodetabek, dan beberapa kota-kota besar. Dari angka tersebut, sekitar 7000 tempat kuliner sudah memiliki ulasan dari para konsumen, dan 20 % di antaranya merupakan adalah ulasan tempat makan pelosok.

Untuk dapat memberikan ulasan, para konsumen harus menjadi anggota dan menuliskan ulasan dengan memberikan rating poin pada tiga kategori yaitu pelayanan, rasa, dan harga. Menurut, pengusaha Chandra Ekajaya ketiga kategori terebut akan memberikan penilaian yang obyektif untuk setiap tempat makan. Selain itu, ia juga menyediakan beberapa tim khusus yang ditugaskan untuk memeriksa setiap ulasan yang masuk.

Kini, eatstory memiliki reviewer yang sudah mencapai angka yang cukup tinggi yaitu 800. Selain reviewer, pengusaha ChandraEkajaya mengaku terus mengembangkan produk dan strategi promosi kepada para konsumen yang ada di Indonesia. Ke depannya, eatstory akan melakukan ekspansi ke beberapa kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia. Di tahun 2017, startup dengan 40 karyawan ini akan menargetkan pengguna seperti di Samarinda, Makassar, Lombok, Medan, dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan oleh pengusaha Chandra Ekajaya karena eatstory juga memiliki tujuan untuk mengenalkan aneka ragam kuliner Indonesia serta mengenalkan pariwisata di Indonesia untuk mendongkrak pendapatan ekonomi di masyarakat Indonesia.
Previous
Next Post »