Yohanes Chandra Ekajaya: Sukses Itu Tak Instan

Semua pengusaha pasti mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses tidak bisa diraih dengan jalan instan. Salah satu pengusaha yang mengatakan hal tersebut adalah Yohanes Chandra Ekajaya. Ia mengatakan bahwa semua pengusaha yang sukses biasanya memulai bisnisnya dari nol dan omzet yang bisa dikatakan sangat sedikit.


Yohanes Chandra Ekajaya

Kunci dari keberhasilan bisnis adalah ketekunan dan keuletan. Biasanya para pengusaha yang sukses adalah orang yang penyabar. YohanesChandra Ekajaya mengatakan bahwa bisnis apa pun tidak bisa dirasakan hasilnya secara instan. Biasanya setelah setahun para pengusaha bari balik modal. Di tahun kedua barulah mereka bisa merasakan untungnya.

Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa bisnis yang sudah dijalankan selama setahun penuh dan mendapatkan untung di tahun kedua, biasanya bisnis yang sudah dilakoni tersebut akan berhasil dan mampu bertahan hingga kurun waktu tertentu. Supaya dapat bertahan dalam gempuran bisnis, para pengusaha perlu menentukan langkah dan inovasi yang tepat supaya mampu bertahan dan adaptatif dengan segala kondisi beserta perubahannya.

Yohanes Chandra Ekajaya adalah pendiri sekaligus pemilik dari Kedai YCE. Ia menjabarkan segala hal mengenai dunia bisnis dalam seminar bisnis dan kewirausahaan yang diadakan oleh fakultas ekonomi salah satu universitas ternama di Wonosobo pada Selasa, 27 Desember 2016. Menurut pengusaha muda ini, untuk menjalankan bisnis harus dimulai dari langkah kecil yang sederhana tetapi mantap. Inilah yang disebut berusaha dari nol.

Sebagai pengusaha muda yang sukses, Yohanes Chandra Ekajaya menyarankan kepada para calon pengusaha dan wirausahawan muda di seminar tersebut untuk menghindari hutang dan riba saat menjalankan bisnis. Menurutnya hutang dan riba dapat menjadi ancaman ketika menjalankan bisnis.

Prinsip yang dipegang oleh Yohanes Chandra Ekajaya adalah banyak jalan menuju Roma. Artinya ada banyak jalan yang bisa digunakan untuk memulai sebuah bisnis. Ia tidak bosan memberikan petuah kepada calon pengusaha muda supaya memulai bisnis dengan cara yang berkah, supaya nantinya keuntungan yang diperoleh bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri dan bagi banyak orang, bahkan bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Previous
Next Post »